Rabu, 22 Februari 2012

MAKALAH ISBD : MANUSIA DAN LINGKUNGAN

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kepada ALLAH SWT berkat rahmat dan karunia-Nya penulis bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Manusia Dan Lingkungan”
Adapun maksud penyusunan makalah ini ialah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah ISBD, selain itu penulis berharap semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi kehidupan social budaya.
Dalam penulisan makalah ini penulis banyak sekali mendapatkan bantuan baik secara moril maupun finansial, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan terima kasih serta penghormatan yang begitu mendalam, diantaranya kepada :
1.      Iqbal SH.MH Dosen mata kuliah ISBD
2.      Rekan-rekan yang tidak mungkin disebutkan satu persatu, semoga mendapatkan balasan dari Tuhan YME.
Tak ada gading yang tak retak, oleh karena itu penulis menyadari banyak sekali kekurangan dalam penulisan makalah ini, oleh karena itu penulis mengharapkan  kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan di masa mendatang.

                                                                                       Banda Aceh, Mei 2011

                                                                                                   Penulis







DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR.................................................................. 2
DAPTAR ISI................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar belakang ....................................................................... 4
B.  Tujuan .................................................................................... 4

BAB II PEMBAHASAN

A.  Pengertian manusia dan lingkungan ...................................... 5
B.  Pembagian Lingkungan ......................................................... 5
C.  Pengaruh Manusia Pada Alam Lingkungannya ..................... 6
D.  Pengaruh Lingkungan Pada Manusia..................................... 6

BAB III PENUTUP

A.  Kesimpulan ............................................................................ 7
B.  Saran ...................................................................................... 7

DAFTAR PUSTAKA.................................................................. 8









BAB I
PENDAHULUAN

A.       LATAR BELAKANG
Membahas tentang manusia berarti membahas tentang kehidupan sosial dan budayanya, tentang tatanan nilai-nilai, peradaban, kebudayaan, lingkungan, sumber alam, dan segala aspek yang menyangkut manusia dan lingkungannya secara menyeluruh.
Manusia adalah mahluk hidup ciptaan tuhan dengan segala fungsi dan potensinya yang tunduk kepada aturan hukum alam, mengalami kelahiran, pertumbuhan, perkembangan, dan mati, dan seterusnya, serta terkait serta berinteraksi dengan alam dan lingkungannya dalam sebuah hubungan timbal balik baik itu positis maupun negatif.
manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai homo sapiens (bahasa latin untuk manusia)sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.
Manusia juga sebagai mahkluk individu memiliki pemikiran-pemikiran tentang apa yang menurutnya sesuai ketika tindakan-tindakan yang ia ambil. dan sebagai makhluk sosial yang saling berhubungan dan keterkaitannya dengan lingkungan dan tempat tinggalnya.

B.      TUJUAN
·         Memahami  Pendalaman Mengenai  Pengertian Manusia
·         Memberikan Gambaran Hubungan Manusia Dengan Lingkungannya
·         Mencegah Dampak-Dampak Negatif Dari Pengaruh Manusia Pada Lingkungannya






BAB II
PEMBAHASAN
MANUSIA DAN LINGKUNGAN

A.             PENGERTIAN MANUSIA DAN LINGKUNGAN

1.               Pengertian manusia
Manusia adalah matrik yang terdiri dari jasmani dan rohani.

2.               Pengertian lingkungan.
Lingkungan adalah suatu media di mana makhuk hidup tinggal, mencari penghidupannya,dan memiliki karakter serta fungsi yang khas yang mana terkait secara timbal balikdengan keberadaan makhluk hidup yang menempatinya,terutama manusia yang memiliki peranan yang lebih kompleks dan rill.

B.              PEMBAGIAN LINGKUNGAN

1)               Lingkungan Fisik
Istilah yang mencakup semua benda yang hidup dan tidak hidup yang terjadi secara alami di bumi atau bagian darinya. Misalnya:
(1)            Temperatur
(2)            Kelembaban
(3)            Siklus Udara
(4)            dll
2)               Lingkungan Sosial
Meliputi:
(1)            Orang tua
(2)            Teman
(3)            Dll

C.          PENGARUH MANUSIA PADA ALAM LINGKUNGAN HIDUPNYA
1.               Masalah erosi dan banjir.
2.               Pencemaran lingkungan
a.                Pencemaran tanah
b.               Pencemaran air
c.                Pencemaran udara
d.               Pencemaran suara


D.             PENGARUH LINGKUNGAN PADA MANUSIA

1.               Lingkungan membuat individu sebagai makhluk social dapat kita bayangkan andaikata seorang anak manusia yang sejak lahirnya dipisahkan dari pergaulan manusia sampai kira-kira berusia 10 tahun saja, walaupun diberinya cukup makanan dan minuman, akan tetapi serentak dia dihadapkan kepada pergaulan manusia, maka sudah dapat dipastikan bahwa dia tidak akan mampu berbicara dengan bahasa yang biasa, canggung pemalu dan lain-lain. Sehingga kalaupun dia kemudian dididik, maka penyesuaian dirinya itu akan berlangsung sangat lambat sekali.

2.               Lingkungan membuat wajah budaya bagi individu lingkungan dengan aneka ragam kekayaannya merupakan sumber inspirasi dan daya cipta untuk diolah menjadi kekayaan budaya bagi dirinya. Lingkungan dapat membentuk pribadi seseorang, karena manusia hidup adalah manusia yang berfikir dan serba ingin tahu serta mencoba-coba terhadap segala apa yang tersedia di alam sekitarnya.





BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


A.    KESIMPULAN

Manusia bertindak sosial dengan cara memanfaatkan alam dan lingkungan untuk menyempurnakan serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya demi kelangsungan hidup sejenisnya .

Manusia mempunyai pengaruh penting dalam kelangsungan ekosistem habitat manusia itu sendiri, tindakan-tindakan yang diambil atau kebijakan-kebijakan tentang hubungan dengan lingkungan akan berpengaruh bagi lingkungan dan manusia itu sendiri.

Kemampuan kita untuk menyadari hal tersebut akan menentukan bagaimana hubungan kita sebagai manusia dan lingkungan kita. Hal ini memerlukan pembiasaan diri yang dapat membuat kita menyadari hubungan manusia dengan lingkungan.

B.     SARAN

Manusia perlu mengambil kebijakan-kebijakan  terhadap lingkungan sebagai usaha untuk memperoleh  efisiensi  pemanfaatan sumber alam dan lingkungan. Kita sebagai manusia wajib menyadari  bahwa kita saling terkait dengan lingkungan yang mengitari kita.
Kemampuan kita untuk menyadari hal tersebut  akan menentukan bagaimana hubungan kita sebagai manusia dan lingkungan kita. Hal ini memerlukan pembiasaan diri yang dapat membuat kita menyadari hubungan manusia dengan lingkungan.


1 komentar:

Search This Blog

Memuat...

Follow by Email

Popular Posts